5 Februari 2019

Beralih dari Profil Google+ ke Profil Blogger


Kabar terbaru dari Google+ merupakan jejaring sosial milik google yang kurang begitu populer, karena kalah pamor dengan Facebook, Twitter dan Instagram. Sebelumnya saya juga mendapat email dari Youtube yang menonaktifkan auto share video ke Google + dan Twitter. Hal ini tentu saja tidak berpengaruh pada Youtube saja akan tetapi Blogger juga terkena dampak, semua widget yang berkaitan dengan Google + akan tidak berfungsi. 

Ketika membuka halaman blogger muncul notifikasi seperti ini:
Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.
Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.
Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.
Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.
Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda. 
Sebelum itu juga Google mengirim notifikasi seputar Google + via email yang berisi:
Pada bulan Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk mematikan Google+ untuk konsumen pada bulan April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan yang terlibat dalam mempertahankan produk yang sukses yang memenuhi harapan konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian dari Google+ dan memberikan langkah selanjutnya, termasuk cara mengunduh foto dan konten lainnya.
Pada tanggal 2 April, akun Google+ Anda dan halaman Google+ apa pun yang Anda buat akan ditutup dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album Anda dan halaman Google+ Anda juga akan dihapus. Anda dapat mengunduh dan menyimpan konten Anda, pastikan untuk melakukannya sebelum April. Perhatikan bahwa foto dan video yang dicadangkan di Google Foto tidak akan dihapus.
Mulai 4 Februari, Anda tidak lagi dapat membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru.
Jika Anda menggunakan Google+ untuk komentar di situs Anda atau situs lain, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat 4 Februari dan situs lain paling lambat 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai 2 April 2019. 
Untuk mengantisipasi Hal-hal yang tidak diinginkan silahkan pindah Profil Blogger anda dari Google+ ke Profil Blogger, sebagai berikut:

  1. Buka dashbor Blogger
  2. Klik menu Setelan
  3. Klik menu Setelan pengguna
  4. di menu Umum, Profil pengguna pilih Blogger 
  5. Simpan setelan

Setelah diganti ke Profil Blogger kita bisa mengeditnya dengan klik Edit di Profil Pengguna

Semoga bermanfaat....!!!
Salam blogger Indonesia

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon