1 April 2018

How to Get Short URL Free

short url

URL Shortener atau Short URL atau URL pendek sudah sering kita lihat di media sosial. Banyak blogger menggunakan URL Shortener untuk mempublikasikan link blog mereka. Trik ini bukan trik baru, sudah banyak netizen dan blogger yang memanfaatkannya untuk menyebarkan link yang panjang ke media sosial. 

URL Shortener atau Short URL atau URL pendek merupakan cara untuk memendekkan link URL. URL di perpendek linknya biasanya link URL yang terlalu panjang yang membuat user kesulitan untuk mengetik ulang. Cara kerja Short URL adalah dengan mengganti link asli dengan URL pendek yang disediakan oleh suatu web penyedia Short URL.

Beberapa tujuan dan manfaat membuat Short URL adalah untuk:
1. Memudahkan user dalam mengeja atau mengetik ulang link URL yang terlalu panjang.
2. Mengamankan link dari blokir suatu web (baik web social media seperti facebook, twitter, atau lainnya).
3. Memantau statistik link URL yang dibagikan.
4. Menghemat karakter ketika posting di social media seperti twitter, yang karakternya dibatasi.
5. Mendapat revenue dari penyedia Short URL, ada beberapa penyedia Short URL yang memberikan revenue bagi pengguna / user.
6. Mudah dalam copy paste
7. Terlihat simple

Berikut ini beberapa penyedia URL Shortener paling banyak digunakan Netizen:
1. Google URL Shortener
Google URL Shortener merupakan penyedia URL Shortener yang dimiliki oleh google. Sehingga untuk memantau link URL yang telah dipendekkan oleh Google URL Shortener tinggal login ke akun Google. Google URL Shortener paling umum dipakai oleh Nettizen. Akan tetapi pada bulan April 2018 ini, google akan menonaktifkan link goo.gl, Google URL Shortener akan terintegrasi dengan Google Analytics
URL: goo.gl

2. Bitly | URL Shortener and Link Management Platform
Selain Google URL Shortener, Bitly | URL Shortener and Link Management Platform juga banyak digunakan oleh Netizen. Bitly, memiliki keunggulan dengan bisa mengcustom sendiri link URL yang akan dibuat. Selain itu Bitly menggunkan URLnya langsung direct ke link utama.
URL: bitly.com

3. Bit.do URL Shortener - Shorten, customize and track your links
Bit.do salah satu URL Shortener yang bisa memantau statistik Link URL yang kita bagikan tanpa harus terdaftar di akun Bit.do sehingga ketika kita butuh untuk memantau link yang instan kita bisa gunakan Bit.do.
URL: bit.do

4. TinyURL.com - shorten that long URL into a tiny URL
Hampir sama seperti Google URL Shortener dan URL Shortener lain. pada Tiny URL simple dan fungsinya tetap sama untu memperpendek URL link.
URL: tinyurl.com

5. Tiny URL | Free Short URL Redirects with Tinycc
Tinycc hampir sama juga seperti URL Shortener pada umunya, untuk yang satu ini fiturnya dibatasi. Untuk user yang sudah teregister ada lmit atau batas hanya beberapa link URL saja. Untuk medapatkan lebih bisa membayar.
URL: tiny.cc

6. AdFly - The URL shortener service that pays you! Earn money for every visitor to your links
AdFly merupakan salah satu URL shortener yang banyak digunakan Netizen yang meghasilkan revenue atau panghasilan dari setiap link yang dipendekkan. cara kerjanya setiap link yang dipendekkan akan dibawa dulu ke halaman pop up selama 5 detik sebelum ke link tujuan.
URL: adf.ly

Sekian artikel tentang How to Get Short URL Free, semoga bermanfaat.
Salam Blogger Indonesia.

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon