8 Maret 2018

Adword Untuk Optimasi SEO

Adwords

Adwords atau Google Adwords merupakan salah satu produk dari google yang memberikan berbagai manfaat bagi internet marketer. Google Adwords sendiri merupakan sumber utama pemasukan Google di bidang advertise (periklanan). Google Adwords merupakan sbuah produk yang berfungsi dalam strategi pemasaran periklanan yang menggunakan mesin pencari (Search engine) Google sebagai saran beriklan. Google Adwords biasa disebut dengan Search Engine Marketing atau disebut juga dengan pemasaran berbasis mesin pencari. Google Adwords selain bermanfaat bagi internet marketer juga dimanfaatkan oleh para blogger untuk mengoptimalkan pencarian di mesin pencari terutama google.

Strategi google adwords sendiri dengan cara menargetkan kata kunci atau keyword pencarian. Dengan begitu kita bisa menargetkan iklan keluar pada kata kunci tertentu. Misal mengenai baju, maka kita bisa menargetkan kata kunci yang berhubungan dengan baju seperti keyword "baju" atau "pakaian", maka iklan akan muncul ketika orang mencari kata "baju" atau "pakaian".

Platform Google Adwords sendiri dibagi manjadi 2, yaitu:

  • Google Search / Mesin pencari Google (Iklan yang muncul pada pencarian Google, platform ini didasarkan pada text dan keyword)
  • Google Display Network / Jaringan Google (Tampil di Jaringan Google, seperti situs-situs yang memasang google adsense, platform ini didasarkan pada image, text, video, dan flash)
Salah satu fitur yang sangat bermanfaat pada google adwords adalah keyword planner. Keyword planner merupakan salah satu fitur dari google adwords untuk melakukan riset mengenai kata kunci. Riset kata kunci atau keyword biasanya mencari kata kunci yang paling banyak dicari dan saingan rendah. Selain itu google adwords juga akan memberikan semua kata-kata yang terkait dengan kata-kata yang kita riset. Pada intinya keyword tools ini berfungsi untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi dalam pemakaian suatu keyword untuk diberiklan di Google Adwords. Selain fungsi dalam advertise, Keyword Planner di Google Adwords sangat bermanfaat sekali dalam Search Engine Optimization (SEO) atau pengoptimalan dalam pencarian di mesin pencari Google. Sebelum kita menulis sebuah artikel, maka kita riset dulu banyaknya keyword pencarian agar bisa digabungkan dengan ide yang kita miliki.

Untuk itu berikut tutorial atau cara menggunakan Keyword Planner pada Google Adwords:
  1. Buka web Google Adwords, di : adwords.google.com
  2. Login dengan Akun Google
  3. Klik menu Alat
  4. Pilih Keyword Planner
  5. Pada "Temukan kata kunci baru dan dapatkan data volume penelusuran"
  6. Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori (berfungsi untuk mencari ide baru dari kata kunci yang kita cari, termasuk kata kunci yang terkait, jumlah pencarian, dan persaingan menggunakan keyword tersebut). Caranya:
    + Masukkan satu atau beberapa dari yang berikut: (isi dengan keyword yang akan kita riset)
    + Halaman landas Anda : (bisa diisi atau dikosongi, jika diisi, isi dengan www.google.com atau www.google.co.id atau www.google.com.sg atau yang lainnya)
    + Kategori produk Anda : (bisa dipilih atau bisa juga dikosongi)
    + Penargetan : (Pilih negara target, Pilih bahasa target, pilih mesin pencari, kata kunci negatif diisi kata yang tidak boleh ada)
    + Rentang Tanggal: (Rentang waktu data riset keyword bisa juga dikosongi)
    + Sesuaikan penelusuran anda: (Filter Kata kunci bisa diisi bisa tidak, Opsi kata kunci bisa diisi bisa tidak, Kata kunci untuk disertakan bisa diisi bisa tidak)
    + Klik Dapatkan Ide
  7. Hasilnya bisa kita lihat berikut ini:
Sekian tutorial yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat....!!!
Salam Blogger.

3 komentar

Ohh jadI begItu ya gunanya Adwords..

Iya gan, untuk keperluan riset keyword

Hemm ini sangat working.

Thanks gan

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon