13 Februari 2018

Webmaster Tools


Webmaster tool merupakan alat digital penyedia mesin pencari atau search engine, untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada website kita. Dengan bantuan tools satu ini, Anda bisa mengelola website Anda berdasarkan data yang dihimpun. Bayangkan jika Anda hanya menebak-nebak perkembangan website Anda dan bertindak atas perkiraan yang tidak pasti tersebut. Pastinya hasilnya tidak akan akurat seperti yang Anda harapkan. Tujuan adanya Webmaster tools ini untuk mempermudah search engine mengindeks website kita dengan kita mendaftarkan website kita kemudian verifikasi dan kita mengirim peta situs web kita.

Beberapa manfaat Webmaster Tools:
1. Meningkatkan Optimasi Search Engine (SEO)
Dengan webmaster tools memudahkan pengindekan oleh mesin pencari. sehingga mesin pencari bisa dengan mudah menyelami website kita sehingga mudah dideskripsikan ketika melakukan pencarian.

2. Meningkatkan page rank website kita
bisa menolong Anda untuk melakukan upaya peningkatan page rank di mesin pencari(search engine). Upaya itu bisa dilakukan melalui penyempurnaan HTML. Penyempurnaan HTML yang dimaksud adalah dengan menghapus link-link yang bersifat toxic atau semacam broken link. Selain itu bisa juga dilakukan untuk menghapusan konten yang ganda, duplikat meta deskripsi dan melakukan perbaikan bila judul atau heading tag yang belum ada.

3. Tools yang bisa memberikan data akurat terkait aktivitas website kita
Melalui Webmaster Tools kita bisa melihat grafik terkait berbagai kesalahan crawl, server dan URL. Selain itu, kita juga dapat mengetahui URL mana saja yang dicekal (biasanya dikarenakan kesalahan pengaturan di website). Kita juga dapat mengetahui jumlah URL yang diindeks oleh search engine. Banyaknya keyword yang dipakai oleh pengunjung saat mengunjungi website Kita juga bisa diketahui.

4. Tools yang bisa digunakan untuk mengevaluasi website kita
Ada salah satu fitur dalam Webmaster Tools yang bisa memperlihatkan pada kita seberapa cepat loading page kita ketika diakses oleh web visitor. Tak hanya itu, kita juga bisa mendapat perbandingan kecepatannya dengan website lain. Data tersebut ditunjukkan dari history graphic. Jadi, beban serta kecepatan loading page dari website kita bisa diketahui pasti. Hal ini tentunya bermanfaat mengingat search engine juga menjadikan seberapa cepatnya loading page tersebut sebagai faktor penentu rank di halaman hasil pencariannya.

5. Tools yang bisa mendeteksi adanya malware berbahaya bagi website kita
Bila website kita telah terdaftar di Webmaster Tools dan sudah terverifikasi, penyedia tools akan memberi tahu kita apakah website kita terdapat malware di dalamnya. Tools ini akan memperlihatkan segala aktivitas yang dianggap mencurigakan dan membahayakan semacam malware. Tak hanya menunjukkan apa saja yang salah, tools ini juga dapat menawarkan solusi yang mungkin dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

6. Untuk melakukan konfigurasi pada website kita.
Kita dimungkinkan untuk mengatur wilayah yang ingin ditargetkan. Selain itu, Kita juga dapat mengatur parameter dari URL Kita, site link, dan beberapa bagian lain yang dapat membuat data analisis yang dihasilkan Webmaster Tools lebih akurat. Jadi, sebaiknya Kita tidak asal memasukkan informasi pada kolom-kolom yang diminta tools ini.

Beberapa Webmaster Tools yaitu:
  1. Google Webmaster Tools (Google Search Console)
    Berikut ini cara menggunakan Google Search Console:
    1. Buka www.google.com/webmasters/
    2. Login dengan akun gmail
    3. Klik Tambahkan Properti
    4. Masukkan web yang akan di tambahkan - klik tambah
    5. Lakukan verifikasi dengan cara klik kelola properti - tambah atau hapus pengguna - kelola pemilik properti - Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda - Klik Metode Alternatif - Terserah pilih metode mana (saya pakai metode Tag HTML) - ikuti petunjuknya - kalau sudah klik verifikasi.
  2. Bing Webmaster Tools
    Berikut ini cara menggunakan Bing Webmaster Tools:
    1. buka www.bing.com/toolbox/webmaster
    2. login dengan akun microsoft (hotmail)
    3. Tambahkan website kita ke Add a Site - klik add
    4. Ada 3 Options, pilih salah satu (saya pilih Option 2: Copy and paste a <meta> tag in your default webpage) - Ikuti petunjuknya - kemudian klik verify
  3. Yandex Webmaster
    1. buka webmaster.yandex.com/
    2. login dengan akun yandex
    3. Klik tanda plus (+) disebelah select site - Masukkan website kita - klik add - Pilih cara untuk verifikasi (saya pilih Meta Tag) ikuti petunjuknya - Kalau sudah klik Check - Jika muncul captcha isi aja dan ikuti langkahnya.
  4. Baidu (Agak ribet)
    Baidu disini saya belum pake karena ribet dengan bahasanya, tapi jika salah satu target negara anda adalah RRC disarankan Web anda terindeks dengan baik di Baidu.
Sekian semoga bermanfaat...!!!

Source:
  • www.dewaweb.com/panduan-google-webmaster-tools/
  • www.google.com/webmasters/
  • www.bing.com/toolbox/webmaster
  • webmaster.yandex.com/
TAGS:
google search, www google search, google sites, webster dictionary, webmaster, search console, google web, bing webmaster tools, yandex webmaster toolsgoogle webmaster tools, google cloud console, google toolbar, google console, google search console, google webmaster, google seo tools, google search tools, webmastertool, google site verification, bing webmaster, webmaster tools submit url, search tool, what is a webmaster, seo tools, webmaster submit url, google web tools, google site search, webmasters, webmaster google, search tools google, google webmaster submit url.

8 komentar

Artikelnya bermanvaat gan. Thanks

Kalau saya suka pake webmaster buat crawl gan, mantap (y)

Mantap gan..
Mampir ya www.wardana.ga

hahahaha... terima kasih mas, saya selama ini hanya tau webmaster bing sama google aja. nice

Info tutor kerennnn....
Mampir mbosss ke https://www.mydedengeblog.com
Di tunggu saran dan keritik nya

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon