1 April 2016

Review Software Penerjemah

Sumber : http://www.snapsurveys.com/blog/wp-content/uploads/2013/05/translation-survey-software.jpg

Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi atau berhubungan antara makhluk satu dengan makhluk lainnya. Bahasa sendiri tidak hanya satu ada bahasa daerah, bahasa nasional, bahasa isyarat dan bahasa internasional. Tujuan utama bahasa adalah untuk komunikasi, menghubungkan, dan interaksi atar makhluk. Bahasa Nasional untuk menghubungkan individu seluruh nasional, bahasa daerah untuk menghubungkan orang local daerah, bahasa isyarat untuk menghubungkan orang memiliki kekurangan fisik ataupun kondisi lain yang penting dibutuhkannya bahasa isyarat, sedangkan bahasa internasional dibutuhkan untuk menghubungkan orang seluruh dunia.

Bidang akademis kebutuhan akan bahasa nasional dan pemahaman akan bahasa internasional sangat dibutuhkan. Hal ini terkait dengan studi di Negara lain yang menggunkan bahasa internsional, karya ilmiah untuk publikasi internasional, pemahaman teori dengan sumber bahasa asing. Ketika kita ingin membuat karya tulis ilmiah dengan tujuan publikasi internasional tentu dibutuhkan digunkan bahasa asing. Jika tidak mengetahuinya atau lemah dengan bahasa asing tentu dibutuhkan penerjemah bahasa asing tersebut.

Translator atau alat penterjemah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari ketika akan berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda bahasa dengan kita. Translator atau penerjemah bisa berupa manusia, bisa berupa alat, dan bisa berupa software. Penerjemah berupa manusia pasti dibutuhkan orang yang mahir dengan bahasa yang akan diterjemahkan. Untuk berupa alat lebih berkaitan dengan kamus dan bahasa isyarat. Sedangkan untuk software berkaitan dengan perangkat lunak penerjemah seperti Google Translate, Bing Translator / Microsoft Translator, Sederet.com, Transtool dan masih banyak yang lainnya.
Yang akan saya bahas disini adalah kesesuaian (ke-validan) software penerjemah dalam menerjemahkan bahasa asing. Berikut ini beberapa software atau web penerjemah (translator) bahasa asing :
  1. Google Translate (https://translate.google.com/)
    Google translate merupakan software penerjemah yang sangat terkenal, karena merupakan software besutan Google. Saya sendiri software penerjemah yang pertama saya kenal adalah Google Translate. Google Transalte sendiri telah mendukung banyak bahasa di seluruh dunia, bahkan beberapa bahasa dearah atau bahasa local dapat diterjemahkan oleh Google Transalate seperti bahasa jawa (Javanese) dan bahasa sunda (sundanese). Sedangkan keakuratan penerjemahan oleh Google Translate perlu adanya koreksi lagi, karena saya sendiri masih banyak menemukan beberapa kesalahan ejaan kata dan juga ada beberapa yang tidak dapat diterjemahkankan. Akan tetapi Google menyadari akan kelemahannya itu sehingga ada tombol untuk perbaikan dan memberikan masukan untuk perbaikan Google Translate. Google Translate juga tersedia di Playstore untuk Android
  2. Bing / Microsoft Translator (https://www.bing.com/translator)
    Bing / Microsoft Translator merupakan software penerjemah besutan Microsoft. Dalam segi kesesuaian, Bing / Microsoft Translator lebih valid daripada kompetitornya Google Translate. Bagi yang menerjemahkan dari Indonesia ke Inggris menurut saya Bing / Microsoft Translator lebih valid daripada yang lain. Dari segi dukungan bahasa Bing / Microsoft Translator, lebih sedikit daripada kompetitornya Google Translate. Bing / Microsoft Translator juga tersedia untuk Windows Phone dan Android.
  3. Sederet.com (http://sederet.com/)
    Sederet.com (Penerjemah Bahasa Inggris - Indonesia ) merupakan website yang hanya menerjemahkan dari Bahasa Inggris – Indonesia dan sebaliknya. Jadi tidak seperti Google Translate dan Bing / Microsoft Translator web ini hanya menyuguhkan untuk orang Indonesia yang ingin menerjemahkan Bahasa Inggris atau orang asing yang ingin menerjemahkan Bahasa Ingrris. Web ini dalam hasil terjemahan Bahasa Inggris – Indonesia memberikan 2 pilihan hasil terjemahan untuk dipilih yang terbaik. Sehingga, user bisa memilih hasil mana yang baik. Sederet.com juga tersedia di Playstore untuk Android.
Semoga bermanfaat.....!

Keywords : google play, translator, translation, translate inggris indonesia, translate indonesia inggris, translate bahasa inggris.

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon