28 Oktober 2015

Permasalahan PC Sering Tiba-tiba Mati Sendiri

Thermal paste
Sumber : http://www.qbonk.org/wp-content/uploads/2013/03/032113_0701_PemakaianTh8.jpg
Komputer merupakan suatu alat yang butuh perawatan, baik kebersihan, atau yang lainnya. Semua komponen pada komputer haruslah dirawat kondisinya agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu kompunen saja bermasalah akan menimbulkan komputer erorr bahkan bisa kerusakan. Salah satu komponen yang paling penting yang ada didalam komputer adalah "Processor"

Processor merupakan hal yang paling penting pada suatu komputer, karena ibarat manusia processor adalah otak dari komputer itu sendiri. Komponen lain tidak akan berfungsi dan tak akan bisa disebut komputer tanpa adanya processor. Processor adalah komponen terpanas pada PC, saat PC dihidupkan. Saat pertama kali PC dihidupkan PC akan meloading sistem operasi, panas pada processor akan naik puluhan derajat celcius. Panas akan meningkat sesuai dengan banyaknya instruksi yang diberikan pada processor. Kondisi processor sendiri harus bersih dan suhunya terjaga agar jangan sampai panas. Cara agar processor tidak panas adalah dengan meletakkan pendingin diatasnya atau lebih dikenal dengan nama "Heatsink". Meletakkan heatsink tidak dapat begitu saja di letakkan diatas processor, harus ada pasta antara processor dan heatsink. Fungsi pasta antara processor dan heatsink itu sendiri adalah untuk menghantarkan panas dari processor agar dihantarkan ke heatsink.

Permasalahan dalam penggunaan komputer akan kita temui seiring dengan penggunaannya. Salah satunya kita mungkin akan dihadapkan dengan kondisi dimana tiba-tiba komputer (PC) sering mati sendiri. Hal pertama yang harus anda curigai adalah Processor karena sering saya temui (pengalaman pribadi) kalau processor panas dan sistem pendinginnya bermasalah komputer akan mati sendiri. Hal tersebut biasanya disebabkan heatsinknya rusak atau kipasnya mati dan pasta antara processor dan heatsink habis. Untuk heatsink rusak mungkin anda harus memperbaikinya atau menggantinya agar fungsinya sebagai pendingin bisa kembali normal. Sedangkan untuk pasta ya anda harus mengolesinya lagi, dengan cara, oleskan pasta secara merata diatas processor dan di bawah heatsinknya, setelah itu pasang lagi. Terkadang kita terburu-buru itu pasta dan kita tidak punya pasta untuk processor bisa kita akali dengan menggunakan pasta gigi. Caranya sama dengan mengoleskan pasta processor seperti biasa akan tetapi untuk pasta gigi biarkan dulu agar kadar air di pasta gigi sedikit. Coba hasilnya.

Resiko di tanggung sendiri...!!!
Baca dan Tonton Videonya juga : Tutorial Merakit PC Desktop

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon