7 September 2014

Update Driver Intel Secara Online

Device Manager
Pemacu peranti (bahasa Inggris: Device driver) atau lebih sering dikenal dengan istilah driver saja adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.

Ada 2 macam processor yang sering dipakai yaitu intel dan AMD, pada pembahasan kali ini saya akan menyinggung berkaitan dengan Intel. Sedangkan AMD lebih sering dikenal dengan processor grafis dan game. Intel Corporation (NASDAQ: INTC; didirikan 1968) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Ok, pada tutorial kali ini adalah mengenai bagaimana cara "Update Driver Intel Secara Online", Masalah sering kali muncul ketika kita habis menginstall ulang PC dan terkadang driver yang kita gunakan belum update. Seperti yang saya alami sebelumnya habis saya install ulang soundnya bunyinya cempreng (dalam istilah bahasa jawa), maka saya update dengan cara ini. Sebelum kita mulai tutorialnya berikut ini yang harus disiapkan terlebih dahulu :
  1. Web browser (diutamakan menggunakan Chrome);
  2. Flash Player;
  3. Java;
Berikut tutorial mengenai "Update Driver Intel Secara Online" :
  1. Buka web browser (diutamakan Chrome);
  2. Buka alamat ini : http://www.intel.com/p/en_US/support/detect;
    Driver intel

  3. Klik "Check your system for update";

  4. Ketika muncul pemberitahuan aplikasi java, klik "Run";

  5. Klik "Allow";


  6. Setelah muncul daftar perangkat yang bisa diupdate, klik aja download drivernya.

  7. Jika ada driver yang belum diupdate akan ada link "download now";

  8. Berhubung driver saya sudah saya update dengan cara ini jadi tidak ada link downloadnya.
Selain dari tutorial diatas anda juga bisa liat video tutorialnya berikut :


Sumber :
  1. Pemacu peranti - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, http://id.wikipedia.org/wiki/Pemacu_peranti;
  2. Intel Corporation - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, http://id.wikipedia.org/wiki/Intel_Corporation.
Semoga bermanfaat....!!!
Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon