17 Agustus 2014

Software Buatan Anak Indonesia


Postingan kali ini saya khususkan untuk memperingati 69 tahun bangsa ini merdeka. Semangat kemerdekaan...!!!.
Software merupakan piranti lunak yang digunakan terkait dengan hardware. Tanpa hardware software tidak bisa berjalan, diumpamakan software itu ruh dan hardware itu jasad. Banyak sekali software yang dapat kita gunakan yang dapat di download dari dunia maya ada yang berbayar, gratis, open source, dan trial. Berbeda-beda pula jenisnya mulai dari Antivirus, Keamanan, OS (Operating System), Grafik, dll.

Di dunia maya ternyata banyak juga software buatan anak bangsa yang patut kita dukung dan banggakan, seperti smadav yang menjadi favorit di lingkungan saya. Ok berikut ini beberapa software buatan anak bangsa :
Antivirus :

  1. INPAG Antivirus : http://www.antivirus.infaltech.com/
    INPAG Antivirus dikembangkan oleh seorang mahasiswa Universitas Parahyangan semester satu yang memiliki nama akun di Facebook AlimXytheclan Ezosky. INPAG sendiri merupakan produk antivirus satu-satunya dari Indonesia yang masuk dalam AV-Comparative di http://www.av-comparatives.org/av-vendors/ dan diakui sebagai vendor antivirus terbaik.
  2. SMADAV : http://www.smadav.net/
    Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebarluas. Antivirus ini selain ringan tampaknya antivirus tambahan yang paling sering dipakai user di Indonesia. Penciptanya adalah Zainuddin Nafarin

  3. PC Media Anvirus (PCMAV) : http://www.virusindonesia.com/
    PCMAV adalah Antivirus yang dikembangkan secara intensif oleh PC Media, majalah komputer terbesar dan terlaris di Indonesia, serta didukung luasnya jaringan distribusi Pinpoint Publications, PCMAV telah dipercaya oleh jutaan komputer pengguna di Indonesia. Selain menggunakan engine antivirus-nya sendiri, PCMAV juga dapat menggunakan engine dari ClamAV sebagai plug-in.
  4. ANJAV Antivirus : http://anjav-av.blogspot.com/
    Adapun, software ANJAV diklaim diciptakan oleh Aming Anjas Asmara Pamungkas, siswa SMK Negeri 1 Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, , setelah setahun lebih dia belajar membuatnya secara otodidak dengan aplikasi visual basic.

Keamanan (Security) :
    1. Walock, software pengunci data PC : http://www.wadoft.cu.cc/
      Walock, sebuah software pengaman laptop dan PC yang tugasnya mengunci dekstop agar memasuki halaman login terlebih dahulu. Ini adalah Software buatan anak SMK Texmaco Semarang, bernama Muhammad Nurwahid. Dia menciptakan software ini berawal dari laptop yang baru dibeli dan diisi oleh data data penting dan dia selalu meninggalkan di kelas waktu jam istirahat. Suatu hari data data yang ada pada laptopnya hilang, sehingga dia menciptakan software yang bertujuan untuk mengamankan laptop atau PC dari orang lain. Ini alamat fanspage FB : https://www.facebook.com/Wadoft/timeline.

    2. Zarvin Antilogger : https://www.facebook.com/groups/ZarvinSoft/
      Seorang siswa SMP PGRI Citeureup 07, Bogor, Jawa Barat, Dzarr Al Ghifari, berhasil menciptakan software antilogger yang dapat melindungi komputer dari program-program nakal yang bersifat mencuri seperti keylogger.

    Pembersih (Cleaner) :
    1. Zarvin Cleaner : https://www.facebook.com/groups/ZarvinSoft/
      Zarvin Cleaner juga merupakan buatan Seorang siswa SMP PGRI Citeureup 07, Bogor, Jawa Barat, Dzarr Al Ghifari. Software ini fungsinya untuk.

    Game :
    1. Angkot The Game (ATG) : http://angkotgame.com/
      Angkot The Game adalah Game Online, game ini adalah Angkot The Game! Sebuah permainan dimana kamu bisa merasakan suka duka di dunia Angkot. Gunakan keahlianmu dalam mengemudi untuk mengumpulkan uang, dan tabung uangmu untuk meningkatkan kemampuan angkotmu di permainan versi full nanti.
      Angkot The Game adalah sebuah game yang sempat populer di Facebook, akan tetapi tanpa sebab yang jelas game ini diblokir dan tidak bisa diakses lagi. Dari tim yang sama (Oray Studios) dengan tambahan tim yang super keren (inmotion digital), lahirlah Angkot The Game Kudatang Lagi.

    2. DreadOut : http://dreadout.com/
      DreadOut adalah permainan survival horor orang ketiga yang berlatar di Indonesia. Karakter utama, Linda, menggunakan gadget modern, seperti kamera video digital dan smartphone untuk berinteraksi dengan berbagai macam hantu mistis Indonesia, membantunya memecahkan berbagai teka-teki di sebuah kota yang ditinggalkan penghuninya. Ketika Linda "meninggal" dalam permainan ini, ia akan terbangun dalam kegelapan dikelilingi oleh lilin dengan cahaya terang di kejauhan. Dengan menjalankannya menuju cahaya, Linda akan hidup kembali. Game ini tersedia dalam sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

    3. Divinekids : http://www.divinekids.com/
      Divinekids adalah game yang diakui dan mendapat award resmi dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Game Pertama Indonesia pada tahun 2004 dan banyak majalah-majalah Game dan Komputer (Gamestation, PCGAME, Bobo, INDOPOS, Game21, dll) . Sebenarnya sudah banyak game-game buatan orang-orang indonesia yang lain tetapi karena kekurangan syarat-syarat minimal tertentu seperti : Karakter menggunakan karakter asing, penyebaran yang kurang luas, bahasa yang digunakan bukan bahasa Indonesia, tidak terdaftar resmi Copyright ataupun Trademarknya, dll karena itu tidak dipilih sebagai Game Pertama Indonesia Resmi.

    4. Game Majapahit Online Kshatriya Varna : http://mokv.anantarupa.com/
      Game Majapahit Online Kshatriya Varna merupakan game web based dengan genre Multiplayer Turn-Based Strategy dengan tema kerajaan Majapahit. Game ini dikembangkan oleh developer lokal dan di dalam game ini penuh dengan nuansa dan culture yang Indonesia banget.

    5. Ghaib : http://ghaibthegame.wordpress.com/
      Game yang satu ini sedikit lebih unik, kalau game dread out menggunakan kamera blitz dari handphone untuk mengalahkan hantunya, di game ghaib ini kita menggunakan bacaan ayat al-qur'an untuk mengusir kuntilanak yang coba-coba mendekat, jadi otomatis di game ini memerlukan michrophone agar bisa bermain. Settingnya dimulai dengan kakak adik bernama ikrar dan alya yang sedang dalam perjalanan, kemudian tiba-tiba di tengah perjalanan mereka di halangi oleh kuntilanak, alhasil mobil mereka pun mengalami kecelakaan, tugas kita di sini memerankan ikrar mencari alya, hanya berbekal senter dan kitab al-qur'an di tangan, bila hantunya muncul kita tinggal membaca ayat al-qur'an yang muncul seperti teks terjemahan di film. Game ini di buat oleh mahasiswa ITB (institut teknologi bandung).
    Sistem Operasi :
    1. BlankOn OS : http://www.blankonlinux.or.id/
      BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

    2. IGOS Nusantara (IGN) : http://igos-nusantara.or.id/
      IGOS Nusantara disingkat IGN adalah sistem operasi dengan perangkat lunak legal, handal dan tanpa membayar lisensi untuk pengguna di Indonesia. IGOS Nusantara dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama dengan komunitas. IGOS Nusantara secara konsisten dikembangkan sejak tahun 2006. Setiap tahun dikeluarkan versi baru. Versi pertama dirilis tahun 2006 memakai nama IGN 2006 (R1), lalu IGN 2007 (R2), IGN 2008 (R3), IGN 2009 (R4), IGN 2010  (R5) dan IGN 2011 (R6). Mulai rilis ketujuh atau R7, IGOS Nusantara tidak memakai kode tahun. Tahun 2012 tersedia rilis delapan atau IGN R8.0. Sejak IGN R8.0, selain versi 32bit juga tersedia versi 64bit.

    3. Kuliax OS : http://kuliax.net/
      Kuliax adalah sebuah distribusi GNU/Linux destop untuk keperluan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan di kampus/pendidikan tinggi. Kuliax berusaha menyediakan perangkat lunak sistem teroptimasi, dan aplikasi yang umum digunakan di lingkungan kampus, terlebih pada bidang-bidang yang banyak menggunakan komputer sebagai alat bantu/penunjang, atau bahkan sebagai intinya. Kuliax sendiri dikembangkan oleh Proyek Kuliax yang sebenarnya mempunyai misi lebih luas dari sekadar mengembangkan distribusi GNU/Linux.

    4. DewaLinux OS
      DewaLinux adalah distro turunan dari ubuntu yang di desain sangat mirip dengan Windows, bahkan untuk desktopnya saya jamin jauh lebih keren daripada Windows!. DewaLinux menggunakan basis Ubuntu 9.04 codename Jaunty Jackalope. Versi terakhir rilis DewaLinux bernama DewaLinux Papuma, didesain seperti Windows 7 dan aplikasi-aplikasi bawaannya yang sangat powerfull. Distro ini merupakan distro yang dibuat oleh anak-anak Jember. informasi lebih lengkap kunjungi : http://josscenter.blogspot.com/

    5. BandrOSSistem Operasi Smartphone tersebut adalah BandrOs yang merupakan kependekan dari Bandung Raya Operating System. Ini merupakan smartphone pertama buatan Indonesia yang dari segi hardware dan softwarenya adalah buatan anak negeri. Selain itu, ponsel cerdas buatan tim LIPI Bandung pimpinan L.T. Handoko sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatikanya, digadang memiliki kemahiran anti sadap. "Ponsel cerdas dengan sistem operasi open-source berbasis Linux itu merupakan pengembangan dari sistem operasi desktop yang sudah kami ciptakan sebelumnya," jelas Handoko. (http://dishub-diy.net/Kominfo/bandros-sistem-operasi-smartphone-pertama-anak-negeri/All-Pages.html)
    Itu hanya beberapa software buatan anak bangsa, masih banyak lagi software-software seperti game Save The Hamster, Catfiz Messenger, dll yang bisa di download di Play Store, dan masih banyak lagi buatan anak bangsa di dunia maya ada yang berplatform Windows, Mac, Linux, dan Android. Oleh karena itu para developer dalam negeri untuk terus mengembangkan software dan harus terus bersemangat untuk kemajuan tanah air ini. Semangat 69 Tahun....!!!

    Sumber : 
    1. Ini 5 software lokal buatan pelajar Indonesia | merdeka.com, http://www.merdeka.com/teknologi/ini-5-software-lokal-buatan-pelajar-indonesia.html, diakses pada 17 Agustus 2014.
    2. About PCMAV | The Official PC Media Antivirus (PCMAV) Website, http://virusindonesia.com/about/, diakses pada 17 Agustus 2014.
    3. 6 Game Buatan Indonesia (Yuk! Dicoba) | Kaskus - The Largest Indonesian Community, http://www.kaskus.co.id/thread/525b990e1e0bc3401c000004/hot-6-game-buatan-indonesia-yuk-dicoba, diakses pada 17 Agustus 2014.
    4. 5 OS Asli Buatan Indonesia | Ensiklopedia Mini, http://ensiklo-mini.blogspot.com/2013/06/5-os-asli-buatan-indonesia.html, diakses pada 17 Agustus 2014.
    5. About | IGOS Nusantara (IGN), http://igos-nusantara.or.id/about/, diakses pada 17 Agustus 2014.
    6. BandrOs, Sistem Operasi Smartphone Pertama Anak Negeri | All-Pages, http://dishub-diy.net/Kominfo/bandros-sistem-operasi-smartphone-pertama-anak-negeri/All-Pages.html, diakses pada 17 Agustus 2014.

    Dilarang Anonym
    EmoticonEmoticon