21 Februari 2014

Software Office Untuk Membantu Tugas Skripsi

Skripsi / Tugas Akhir merupakan sesuatu Karya Tulis Ilimiah yang harus dikerjakan oleh Mahasiswa semester akhir untuk memperoleh gelar Sarjana untuk mahasiswa S1. Sehubungan dengan saya disini semester depan mau mengambil skripsi dan karena ingin membantu para teman-teman seperjuangan dan para pembaca maka disini saya akan mengshare beberapa software yang digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas skripsi dan Tutorial menggunakan software tersebut.

Ok, berikut software yang bisa di download :
  1. Microsoft Office 2007 / Microsoft Office 2010 / Microsoft Office 2013
  2. Open Office, Link Download (Source Forge, Filehippo, Softpedia)
  3. Libre Office (Alternatif untuk Office Open Source), Link Download (LibreOffice.org, Filehippo
  4. Foxit Reader, Link Download (Filehippo, Softpedia)
  5. Wondershare PDF to Word, Link Download (MediaFire, Box)
  6. PDF Binder, Link Download (MediaFire, Box)
  7. Plugin Save PDF untuk Microsoft Office 2007, Link Download (MediaFire)
Microsoft Office 2007 / 2010 /2013
Microsoft Office merupakan software yang sangat familiar untuk semua user Windows. Software yang satu ini sangat sulit ditinggalkan oleh Mahasiswa, sehingga sofware ini sangat dibutuhkan dalam skripsi, terutama Ms. Word yang digunakan untuk mengerjakan tugas (Skripsi, makalah, dan tugas lainnya).
Selain digunakan untuk mengetik, Ms. Word (2010 / 2013) bisa digunakan untuk menyimpan file dalam bentuk PDF, untuk Ms. Office Word 2007 membutuhkan plugin agar dapat disimpan kedalam format *.pdf


Open Office / Libre Office
Penggunaan Open Office / Libre Office diwajibkan untuk Mahasiswa di Univ. Jember ketika membuat Jurnal, filenya biasanya berformat Open Document Text (*.odt). Ini bertujuan untuk mengurangi pembajakan software, meskipun belum sepenuhnya akan tetapi sudah meminimalisir dengan membiasakan menggunakan software Open Source. Seperti Ms. Office, Open Office bisa juga untuk menyimpan file dalam format *.pdf



Foxit Reader
Kenapa lebih memilih Foxit Reader yang saya rekomendasikan daripada Software lain seperti Adobe Reader, atau yang lainnya, karena selain softwarenya ringan dan gratis Foxit Reader bisa dibuat untuk meng-convert file office kedalam *.pdf. Seringkali mahasiswa itu sudah semua diketik tapi lupa belum di save ke format *.pdf, sehingga software ini praktis digunakan tanpa perlu membuka filenya, cukup klik kanan - convert to pdf.

Wondershare PDF to Word
Merupakan software untuk mengubah file dari PDF (*.pdf) to Word (*.docx), software ini sangat memudahkan mahasiswa untuk mengutip file dari PDF.

Buka softwarenya drag and drop file yang akan di convert atau klik "Add Files" lalu klik "Convert"

PDF Binder
PDF Binder berfungsi untuk menggabungkan file PDF menjadi satu bagian, biasanya dalam membuat Skripsi atau tugas akhir, mahasiswa memisahkan antara Cover, Daftar Isi, Bab 1, Bab 2, sampai Daftar Pustaka, sehingga dengan adanya software ini mahasiswa dapat dengan mudah menggabungkan file (*.pdf).

Buka PDF Binder - Klik "Add file..." Buka File PDF yang akan digabung - Open - Urutkan Filenya - Klik "Bind!"



Terimakasih telah membaca artikel ini...

1 komentar so far

Trik meningkatkan Speed Download status Limited menjadi Unlimited Full silahkan masuk
Disini
kunjungi helmykkediricomp.blogspot.com
Terimakasih

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon