12 Juli 2013

Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak tentang Trend Mobile Internet

gadget anak
Sumber : http://3.bp.blogspot.com/-Zl8am1kV5k0/UbVZuU5YkDI/AAAAAAAAAEQ/FvI6k4zKV50/s320/gadget-anak.png
Topik : Peran Orangtua Mengatasi Trend Mobile Internet terhadap Perkembangan Anak


Peran Orangtua mengatasi Trend Mobile Internet terhadap perkembangan anak merupakan kewajiban tersendiri bagi Orangtua. Melihat perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat tentu memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap perkembangan anak kedepannya. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Orangtua merupakan tempat anak untuk berlindung, mengungkapkan isi hati (CURHAT), mendapat perhatian, dan mendapat pendidikan.

Dunia maya adalah dunia yang tanpa adanya batas wilayah, konten, dan informasi. Banyak kasus-kasus tindak pidana yang terjadi seperti pornografi, trafickking, pencemaran nama baik, cracking, perbuatan tidak menyenangkan, dan lain sebagainya. Akan tetapi ada hal-hal baik dari internet selain hal negatif misal banyak artikel positif, bacaan yang sesuai untuk anak, belajar secara online dan masih banyak lagi. Adanya hal yang baik dan hal yang buruk inilah yang harus dipilih tentu butuh pengawasan orangtua agar anak tidak keluar batas. Sehingga anak bisa menikmati belajar secara online dan menyenangkan.

Orangtua haruslah lebih banyak wawasan dan pengetahuannya mengenai perkembangan teknologi sehingga orangtua tidak gagap teknologi (GAPTEK). Ketika anak bertanya kepada orang tua mengenai Teknologi (Misal Trend Mobile Internet) tentunya orang tua bisa memberikan pengertian yang baik dan sesuai kepada anak, sehingga anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mencari berbagai cara untuk mendapatkan jawaban dari intenet tanpa pengetahuan orang tua. Demikian malah akan membuat anak melihat berbagai konten-konten di dunia maya belum patut untuk dilihat sang anak itu sendiri.

Mengenai Trend Mobile Internet yang sekarang lagi musimnya seperti Social Networking dan sebgainya, tentu merupakan hal yang harus mendapatkan pengawasan serius orangtua terhadap anak. Selain membuat boros terhadap pulsa tentu memberikan efek lain misal banyaknya status social networking (facebook, twitter, Black Berry Messenger, dan lain sebagainya) yang diluar batas karena media social sendiri merupakan media yang tanpa batas, pergaulan yang tanpa kontrol, tindak pidana dunia maya, dan lain sebagainya. Untuk itu pengawasan orangtua sangat diperlukan demi menjamin perkembangan anak.

Beberapa yang mungkin bisa diterapkan orang tua yaitu :             
  1. Langkah pencegahan dengan memberikan pengertian mengenai perkembangan teknologi, mobile internet, dan lain sebagainya. Menjelaskan dampak-dampak yang ditimbulkan (efek negatif maupun efek positifnya), sehingga anak diberi kesempatan untuk tahu dahulu dan diberi pendewasaan untuk berpikir dan memutuskan sesuatu. Jangan memberikan kekerasan ataupun ancaman sehingga bisa membuat anak untuk takut dan cenderung menjauhi dunia teknologi samasekali.
  2. Pengawasan secara terus menerus dengan menayai (misal apa aja yang dilakukan, apa aja yang diakses, berapa temannya yang online, dan lain sebagainya), meminta User atau Password (tetapi memberi penjelasan kepada sang anak terlebih dulu). Memberikan akses online secara terbatas misal uang untuk pulsa bisa dibatasi, hanya boleh membuka situs tertentu saja.
  3. Apabila sudah terjadi hal negatif terhadap, segera berikan hukuman yang bisa membuat jera kepada sang anak misal aktifitas online dicabut untuk waktu tertentu seperti handphone, Personal Computer (PC), modem, Tablet dan lain sebagainya.
Masih banyak waktu untuk bercita-cita, masih banyak waktu untuk perubahan, masih banyak waktu untuk mengubah dunia ini, masih banyak waktu untuk berharap, masih banyak pilihan untuk memilih, masih banyak waktu sebelum terlembat, yang terpenting jangan malas untuk terus belajar

Terima kasih telah membaca artikel ini...!!!
LOMBA BLOG DPTALK

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon