17 Juni 2013

Bulan Pancasila Bulan Bung Karno 1 Juni 2013 UNEJ


Bulan Pancasila Bulan Bung Karno 1 Juni 2013 merupakan peringatan hari lahirnya Pancasila yang diadakan dengan menggelar serangkaian acara/ kegiatan berkaitan kelahiran pancasila yang diadakan oleh Universitas Jember. Kegiatan/ acara ini terselenggara hampir 1 bulan penuh yang terdiri dari serangkaian acara mulai dari Sarasehan Pancasila, Pertunjukan Seni Budaya, hingga Konggress Kebangsaan. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Universitas Jember dengan Politeknik Negeri Jember. Dimana dulu acara ini dipelopori oleh Fakultas Hukum Universitas Jember, kemudian menjadi acaranya Universitas Jember.

Mengingat sedikit kelahiran Pancasila, Pancasila adalah dasar ideologi berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari Bahasa Sanskerta: pañca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu :

Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, yang berpidato pada tanggal 29 Mei 1945. Yamin merumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. Mohammad Hatta dalam memoarnya meragukan pidato Yamin tersebut.

Panca
sila oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul "Lahirnya Pancasila". Sukarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan; Internasionalisme; Mufakat, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan; Kesejahteraan; Ketuhanan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu, katanya: Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumen penetapannya ialah :
  • Rumusan Pertama : Piagam Jakarta (Jakarta Charter) - tanggal 22 Juni 1945
  • Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar - tanggal 18 agustus 1945
  • Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat - tanggal 27 Desember 1949
  • Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara - tanggal 15 Agustus 1950
  • Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit Presiden 5 Juli 1959)



Berikut serangkaian acara memperingati hari lahirnya Pancasila Universitas Jember :
  1.       23 Mei 2013 Sarasehan Pancasila “Membumikan Pancasila Ditengah Ancaman Neo-Liberlisme dan Neo-Komunisme”;
  2.         1 Juni 2013 “Pertunjukan Seni Budaya Bhinneka Tunggal Ika”;
  3.     10 Juni 2013 “Focus Group Discussion Negara Hukum Pancasila”;
  4.   12 Juni 2013 Sarasehan Budaya Dan Hukum Indonesia “Santet Dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia”;
  5.     13 Juni 2013 Pameran Budaya Keris Nuso Barong;
  6.     15 Juni 2013 Malam Pagelaran Seni Wayang Kulit;
  7.     19 Juni 2013 Lomba Orasi “Pancasila Menghadapi Tantangan Global”;
  8.     21 Juni 2013 Telling Story Festival “Peran Negara dan Problema Bangsa”;
  9.     21 Juni 2013 Haul Bung Karno (Pembicara Gus Sholah);
  10.     22 Juni 2013 Talkshow “Pancasila Menghadapi Problema Kebangsaan”;
  11.     23 Juni 2013 Ekplorasi Inovasi Dan Kreativitas Budaya Jember;
  12.     23 Juni 2013 Konggres Kebangsaan “Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu”


 Terima kasih telah membaca....

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon