1 Desember 2010

Cara join grup mailing list yahoo

Selain fitur mail, website yang memiliki fasilitas email juga menyediakan forum-forum diskusi dan tukar informasi yang dikenal dengan istilah mailing list. Pada yahoo, mailing list-nya terdapat pada yahoogroups. Syaratnya anda harus memiliki account mail yahoo terlebih dahulu. Bagaimana cara joinnya (how to joint a group in yahoo), berikut caranya:

Ketik http://groups.yahoo.com/ pada browser anda dan enter.
Kemudian pada kotak isian ‘Find a Yahoo! Group’ ketikkan nama mailing list yang ingin anda ikuti, jika anda masih ingin melihat-lihat dulu apa, anda bisa ketik sembarang kata. Mesin pencari akan mencari dan memperlihatkan kepada anda semua mailing list yang berisi kata-kata sesuai dengan kata apa yang telah anda masukkan dalam kotak isian tersebut.
Jika anda sudah menemukan mailinglist yang ingin anda ikuti, klik pada nama mailinglist tersebut dan tunggu sampai yahoogroup membuka halaman deskripsi tentang mailinglist tersebut.
Jika anda ingin join ke mailinglist tersebut, klik ‘Join This Group!’, biasanya tombol ini berada di bagian bawah.
Namun jika anda ingin mencari yang lain maka klik tombol ‘back’ pada browser anda untuk kembali pada halaman sebelumnya yang menunjukkan daftar mailinglist.
Setelah mengklik tombol ‘Join This Group!’ anda akan masuk pada halaman sign in to yahoo, ketikkan yahoo ID dan password anda. Setelah proses sign in, anda akan masuk ke halaman untuk ‘Join This Group’. Pada halaman ini anda di haruskan mengikuti steps (langkah-langkah) sebelum anda join. Pertama, isi kolom ‘Comment to Owner’ yaitu komentar kenapa anda join grup ini. Kedua, pada ‘Message Delivery’ pilih Individual Email, ada pilihan lainnya tetapi anda bisa ganti setelah join. Ketiga, pada ‘Message Preference’, pilih Fully Featured. Keempat, isi kolom text kosong di bawahnya mengikuti contoh text yang ada (biasanya bentuk tulisannya agak ruwet/acak susunan maupun bentuk font-nya). Jika text-nya tidak jelas terbaca klik ‘click here’ untuk mengacak dan menampilkan text yang baru. Biasanya jika anda salah mengetikkan huruf, maka anda akan diminta memasukkan text baru. Kelima, klik tombol ‘join’.
Lalu anda akan masuk ke halaman ‘Membership Pending’, ini menunggu konfirmasi dari pemilik mailing list, apakah anda diijinkan masuk atau tidak. Klik ‘Back to Yahoo! Groups Home Page’ untuk kembali ke halaman induk. Coba cek mail anda dengan menekan tombol/tulisan ‘Mail’ di bagian atas kiri (biasanya tulisannya kecil) pengecekan diperlukan untuk mengetahui apakah sudah ada mail dari pemilik (moderator) grup mailing list tersebut. Jika belum ada jawaban, mungkin orangnya masih di luar jalan-jalan.. jadi sign out saja jika anda tidak ingin menunggu. Jika mau menunggu, sering-seringlah me-refresh halaman.
Cara lain untuk join (jika anda sudah mengetahui nama mailinglist tersebut) yaitu dengan mengirim halaman kosong ke alamat mailinglist tersebut, caranya:

Klik ‘Compose’, lalu pada kolom isian teratas yaitu tujuan surat (‘To’) ketikkan nama mailing list yang ingin anda ikuti, contoh : namagroup@yahoogroups.com. Kosongkan saja isinya mail-nya, lalu klik tombol ‘send’ dibagian kiri bawah.

Sama seperti cara pertama, tunggulah mail selamat datang dari pemilik/moderator group mailing list. Selamat menunggu, biasanya anda akan diterima karena mereka sendiri ingin memperbanyak member.

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon