29 Juli 2016

Free Domain TLD Blogger

domain gratis
TLD atau Top Level Domain adalah suatu alamat blog atau web yang singkat dan mudah diingat, yang umum adalah domain .com dan .net. Biasanya domain TLD berbayar pertahun seperti .com skitar Rp. 110.000,-/tahun. Tetapi ada beberapa TLD yang gratis yaitu:
  1. domain .tk (dot tk)
    Domain yang beralamat di www.dot.tk. Dot TK adalah perusahaan patungan dari Pemerintah Tokelau, sebuah negara di Pasifik Selatan, perusahaan komunikasi negara Teletok dan BV Dot TK, sebuah perusahaan swasta. Pemerintah Tokelau telah menunjuk BV Dot TK sebagai entitas registrasi eksklusif. BV Dot TK menjalankan usaha sebagai Dot TK Registry.
  2. domain .ga (dot ga)
    Domain yang beralamat di www.my.ga. Domain www.my.ga adalah sebuah platform otomatis ditawarkan kepada pengguna domain .GA oleh Agence Nationale des Prasarana NUMERIQUES et des frequences (ANINF) di Libreville, Gabon. Platform otomatis ini memungkinkan semua my.GA menawarkan untuk mendaftar dan mengelola nama domain .GA mereka.
  3. domain .cf (dot cf)
    Domain yang beralamat di www.dot.cf. Dot CF merupakan inisiatif dari Societe centrafricaine de Telekomunikasi (Socatel) di Bangui, Republik Afrika Tengah.
  4. domain .ml (dot ml)
    Domain yang beralamat di www.point.ml. Dot ML merupakan inisiatif dari Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi (AGETIC) di Bamako, Mali.
  5. domain .gq (dot gq)
    Domain yang beralamat di www.dominio.gq. Dominio GQ adalah platform otomatis ditawarkan kepada pengguna domain .GQ oleh Guinea Ecuatorial de Telecomunicaciones Sociedad Anonima (GETESA) di Malabo, Equatorial Guinea. Platform otomatis ini memungkinkan semua pengguna Dominio GQ untuk mendaftar dan mengelola nama domain .GQ mereka.
Domain tersebut adalah domain gratis, tapi tidak selalu gratis bila kita membuat domain dengan alamat yang menarik dan berpotensi diperjualbelikan kita akan dikenai biaya. Selain itu domain TLD gratis ini, sering digunakan oleh para blogger untuk bersaing di SEO, memudahkan orang untuk mengingat domain, dan memudahkan seseorang untuk membuat akun google adsense non-hosting

Pada tutorial kali kita menggunakan dot ga (*.ga), Kenapa menggunakan dot ga? alasannya adalah domain ini menarik berdampingannya huruf vokal dan konsonan, jadi bisa dirangkai menjadi kata berbahasa indonesia atau bahasa lainnya, serperti: 11gi.ga, sia.ga, dll.

Berikut ini tutorialnya (tutorial ini bisa juga diterapkan untuk memasang domain TLD berbayar):

  1. Siapkan akun blogspot / blogger.com
  2. Buka domain www.my.ga atau bisa juga yang lainnya atau bisa juga alamat www.freenom.com
  3. Buat domain yang diinginkan (disini saya menggunakan domain www.12gi.ga) - lalu cek ketersediaan (Check Availability) - lalu klik Checkout
  4. Periodnya pilih (bisa pilih 1 - 12 bulan, jika lebih dari itu bayar) - lalu klik "Continue"
  5. Buat akun di freenom atau login jika sudah punya akun di freenom
  6. Setelah login akan dibawa ke halaman "Review & Checkout" Isi your detail dengan data diri anda, kemudian centang "I have read and agree to the Terms & Conditions" - lalu klik "Complete Order"
  7. "Domains" - Klik "My Domains"
  8. Klik "Manage Domain" sesuai dengan domain yang telah kita buat.
  9. Klik "Manage Freenom DNS"
  10. Sekarang buka blogger.com di tab baru
  11. Bisa Buat "Blog Baru" atau mau pake Blog yang sudah ada, silahkan.
  12. Setelah siap blog yang akan kita rubah ke domain TLD, buka "setelan" - klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda" - Masukkan domain yang dibuat - Klik Simpan - akan keluar www - ghs.google.com dan kode unik itu di copas (copy paste).
  13. buka tab freenom Client area. Paste (sesuaikan dengan domain anda, untuk TTL biarkan default):
    Name Type Target
    12gi.ga (domain)
    A
    216.239.32.21
    12gi.ga (domain)
    A
    216.239.34.21
    12gi.ga (domain)
    A
    216.239.36.21
    12gi.ga (domain)
    A
    216.239.38.21
    www
    CNAME
    ghs.google.com
    ZK3HSXUBGQYF (Kode Unik)
    CNAME
    gv-avt46ymjl5yps2.dv.googlehosted.com

  14. Kemudian "Klik Save Changes"
  15. Buka blogger dan simpan
  16. Klik edit pada "alamat blog" - lalu beri centang pada "
  17. Coba buka domain yang telah kita buka tadi.
  18. Selesai dan selamat mencoba
Untuk tutorial video bisa lihat berikut ini:
Catatan:

  • Ditulis berdasarkan pengalaman penulis

2 komentar

Dilarang Anonym
EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.